BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Sabtu, 28 Desember 2013

AK 47 :The Most Popular Rifle on The Planet

Senjata yang satu ini sering terlihat pada aksi-aksi teroris masa kini. Senjata ini juga sangat populer dalam game-game FPS masa kini. Memiliki reputasi sebagai senjata yang murah dan tahan banting, senjata ini juga menjadi simbol kebebasan dan penindasan. Inilah AK-47 (Avtomat Kalashnikova 1947). Tribute to Mikhail Kalashnikov (1929-2013)



Nama: AK-47
Tipe: Semi or Fully Automatic Assault Rifle
Asal: Uni Soviet
Periode Pemakaian: 1949-Sekarang
Desainer: Mikhail Kalashnikov
Kaliber:7.62x39mm
Kapasitas: 30 Peluru
Panjang: 880mm
Berat:~5kg
Rate of Fire: 600 peluru/menit
Kecepatan Projektil:715m/s
Jarak Efektif: 300-400m


Sejarah dan Pengembangan 
Avtomat pertama milik Soviet adalah "Fedorov Avtomat" pada tahun 1916. Istilah "Avtomat" dibuat oleh Vladimir Fedorov, untuk mendeskripsikan "senapan otomatis" .Walau jarang terlihat pada pertempuran, Avtomat ini menjadi pionir pengembangan Soviet untuk mencari senjata api otomatis yang ringan dan mudah digunakan. Banyak upaya yang dilakukan untuk mengembangkan avtomat dengan kaliber peluru 7.62x54   . Akan tetapi, karena daya hentak yang dihasilkan terlalu besar untuk dikontrol, mengakibatkan senjata seperti AVS-36 dan SVT-40 sulit digunakan secara otomatis. 
Avtomat Fedorov, senjata otomatis pertama Rusia

Pada perang dunia ke-2, Jerman mengeluarkan senapan serbu pertama yang bernama StG44. StG 44 menggunakan peluru intermediet yang lebih kecil daripada peluru senapan namun lebih kuat dibandingkan dengan peluru pistol. Tentara Soviet mengambil prototip senjata ini pada pertempuran front timur untuk diteliti. Soviet pun mengadaptasi peluru intermediet mereka (7.62x39mm) untuk pengembangan avtomat lebih lanjut.
 
Singkat cerita, muncullah kompetisi desain avtomat baru yang memiliki syarat sebagai berikut: tahan banting, mudah diproduksi massal, dan murah. Desain Mikhail Kalashnikov menjadi pemenang kompetisi tersebut dan mulai diproduksi secara massal pada tahun 1947.
 
Mikhail Kalashnikov mendesain senjata Avtomat versinya
Desain
Desain Kalashnkov konon lebih cocok disebut sebagai hybrid dari senapan-senapan yang ada. Konon, mekanisme pelatuk dan "receiver" terinspirasi dari M1 Garand dan M1 carbine. Pada bagian sistem operasi gas terinspirasi dari StG44. 

Keunggulan dari desain Kalashnikov ini adalah sederhana (8 komponen saja), tahan banting, relatif mudah dibawa, dan sangat mungkin untuk diproduksi massal. Bagian dalam senjata juga dilapisi dengan kromium sehingga menjadi lebih tahan terhadap karat.

AK 47 menjadi populer karena sangat mudah digunakan. Konon bahkan anak kecil pun dapat menembakkan senjata ini. Bagian dalam senjata juga sangat mudah dibongkar pasang dan mudah untuk dibersihkan. Apabila tidak dibersihkan pun, AK 47 masih dapat digunakan karena rongga yang cukup luas sehingga kotoran tidak mudah merusak mekanisme senjata. Walaupun memiliki keunggulan di berbagai aspek, namun AK-47 memiliki kelemahan diantaranya adalah masalah akurasi yang agak kurang dikarenakan recoil yang cukup besar.
Spetsnaz(prajurit elit Rusia) dalam latihan militer, mereka membawa AK 47 sebagai senjata utama mereka


Operasional
Dikenal sebagai senjata yang murah namun tahan banting dan efektif, AK 47 digunakan hampir di seluruh penjuru dunia. Izhmash selaku pabrik pembuat AK 47 juga menjual lisensinya kepada beberapa pabrik seperti Norinco, pabrik persenjataan asal Cina. AK sangat terkenal sebagai senjata favorit teroris karena banyak teroris menggunakan AK 47 dalam aksi mereka karena ketahanannya di berbagai medan tempur. AK juga dikenal sebagai rival abadi M16 Amerika dimulai saat perang vietnam pada masa-masa perang dingin. Keberadaan AK juga kembali terlihat pada perang-perang di area Timur Tengah, perang saudara di Afrika, dan beberapa konflik di penjuru dunia. AK 47 adalah simbol pembebasan dan penindasan. Pembebasan karena senjata ini banyak muncul saat-saat revolusi ataupun perlawanan. Penindasan mengingat senjata ini digunakan juga oleh sekutu sayap kiri saat perang dingin (Soviet, Cina, Vietnam, dsb)

Vietcong dengan AK-47 mereka
Varian
AK 47 tentunya mengalami beberapa modifikasi dalam kiprahnya selama 60 tahun lebih. AKM sebagai varian dari AK-47 yang telah di"modernisasi" dengan berat yang lebih ringan dan lebih mudah untuk diproduksi.   Pada tahun 1974 AK 47 memiliki varian baru AK 74 dengan kaliber lebih kecil namun dapat menimbulkan luka yang cukup parah karena peluru akan memantul daat bertumbukkan dengan target. Dua senjata juga lahir dengan desain dan mekanisme dari AK 47. RPK (Kalashnikov Light Machine Gun) dan shotgun semi otomatis Siaga Taktika juga merupakan modifikasi dari AK-47 baik dari segi mekanisme maupun kaliber peluru .

Saiga Taktika
RPD 74


Epilogue
Sudah 60 tahun lebih AK 47  muncul dan beredar di medan tempur. Keberadaan senjata ini lebih dari alat pembunuh massal, senjata ini juga sudah menjadi ikon. Misalnya pada bendera Mozambique terdapat gambar AK-47 karena senjata ini adalah senjata utama mereka ketika bergerilya. It is said "As long as people have the AK 47 ammo, we'll hear that clattering rock and roll forever.".
Gambar AK 47 pada lambang bendera Mozambique


Hope you guys enjoy the article!
Cheers!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar