BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Sabtu, 21 Desember 2013

Weapon Types Glossary (Small Arms)

Pada postingan sebelumnya saya menulis tentang bubuk mesiu yang menjadi awal perkembangan desain senjata api. Pada postingan ini saya akan membuat glosarium jenis-jenis senjata api yang sudah dikenal hingga dunia modern ini



RIFLE
Well, karena kata "senapan" agak rancu  makanya saya klasifikasikan dalam bahasa inggris. Mungkin ada yang bertanya apa bedanya "rifle" dengan "musket"? Sebenarnya, kata "rifle" itu sendiri bukanlah berasal dari tampilan fisik senjata. Rifle itu sendiri berasal dari ulir helical yang berada di dalam laras. Ulir itu bertujuan untuk memutar projektil sehingga jarak tembaknya menjadi lebih jauh dan lebih akurat. Analoginya mirip seperti pata putaran bola american football.
penampang ulir helical rifle dari laras senapan


FN F2000
Rifle pun mengalami perkembangan dari segi mekanisme maupun dari kecepatan tembak. Mulai dari tipe musket seperti Kentucky Long Rifle hingga desain futuristik seperti FN F2000. Assault rifle (senapan serbu) baru muncul pada tahun 1943 oleh Nazi Jerman dengan nama StG 44(SturmGewehr 44, senapan serbu 1944). Idenya adalah senapan yang compact dengan kecepatan tembak yang tinggi namun tetap akurat. Setelah itu muncullah desain desain lain yang kita kenal pada masa kini.
Kentucky Rifle, rifled musket

smith & wesson magnum, double action revolver
PISTOL
Pistol adalah senjata api kecil dengan peluru bertenaga kecil untuk pertempuran jarak dekat. Kata pistol konon berasal dari bahasa Ceko "píšťala" yang berarti "seruling" yang mirip dengan ukuran hand cannon saat itu. Pistol awalnya hanya digunakan oleh perwira dan prajurit khusus. Sekarang pistol digunakan sebagai senjata sekunder ketika memerlukan manuver dan ketepatan pada jarak tempur yang relatif dekat.
pistol flintlock abad ke-16


KARBIN
Karbin (carbine) adalah versi pendek dari senapan biasa namun menembak peluru dengan kaliber dan ukuran yang sama. Ukuran pendek memungkinkan karbin untuk melakukan manuver lebih dibandingkan senapan biasa tanpa kehilangan daya tembaknya. Awalnya, karbin digunakan oleh pasukan berkuda karena lebih mudah dibawa dan dipakai menembak sambil menunggang. Kini, karbin menjadi alternatif ukuran senapan pada militer modern seperti M4 carbine.
Australian Light Horse Brigade pada perang dunia 1 membawa karbin di punggung mereka


SUBMACHINE GUN
Submachine (pistol mesin) adalah senjata kecil otomatis dengan kecepatan tembak yang tinggi. Kata submachine gun pada bahasa inggris berasal dari "machine gun" namun menggunakan peluru pistol (machine gun menggunakan peluru senapan). Submachine gun pertama kali adalah MP 18 dibuat oleh Kerajaan Jerman pada perang Dunia 1. Idenya adalah senjata ringan yang dapat memuntahkan peluru dengan banyak untuk menyapu bersih musuh pada jarak dekat. Karena peluru senapan memiliki daya hentak yang tinggi dan kurang bisa dikendalikan ketika otomatis, akhirnya mereka memilih menggunakan peluru pistol. Kini, submachine gun digunakan oleh pasukan elit maupun pasukan commando.
seoorang perwira Jerman pada perang dunia 1 dengan mp18 (maschinenpistole 18)

Machine Gun
maxim gun, machine gun otomatis pertama di dunia
Machine gun adalah senjata api otomatis dengan peluru senapan dengan amunisi rantai. Machine gun memiliki mekanisme yang dapat membuang memasukkan peluru baru secara otomatis menggunakan energi hentak pada peluru. Machine gun terbagi dalam 3 type: Submachine Gun, Light Machine Gun, dan Heavy Machine Gun. Light machine gun berukuran kecil dengan mekanisme tembak seperti senapan, sementara heavy machine gun memuliki kaliber peluru lebih besar dan cukup untuk menghancurkan kendaraan "lunak" dan digunakan sebagai senjata sekunder kendaraan tempur (tank, pesawat, dan kapal).

tentara amerika pada operation iraqi freedom membawa M2 .50 cal heavy machine gun
That's all folks, hope you guys enjoy this article!
Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar