BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Minggu, 26 Januari 2014

Steyr AUG: The Austrian Bullpup Legend

Desain senjata ini tidak seperti desain senapan konvensional. Bentuknya yang unik mungkin terlihat aneh, namun memiliki reliabilitas yang tinggi dan menjadi senapan bullpup pertama yang sukses diproduksi massal dan digunakan berbagai negara. Inilah Steyr AUG, the Austrian bullpup legend



Nama: Steyr AUG
Tipe:Semi or Fully Automatic Bullpup Assault Rife/ Bullpup Submachine Gun
 Asal: Austria
Periode Pemakaian:1978-sekarang
Desainer: Horst Wesp, Karl Wagner, dan Karl Möser
Kaliber:5.56x45mm NATO/ 9mm Parabellum (SMG version)
Kapasitas: 30-42 Peluru
 Panjang: Maks 790 mm
Berat: 3.6kg
Rate of Fire:690-750 Peluru/Menit
Kecepatan Projektil: Sekitar 970 m/s (rifle calibre)
Jarak Efektif: ~300m


Bullpup Design
Bullpup (baca: bul-pap) merupakan desain yang meletakkan mekanisme pelatuk dan mekanisme injeksi (pemasukkan) peluru pada bagian popor senjata (bagian belakang senjata tempat menyandarkan bahu). Perubahan letak pada mekanisme tersebut menyebabkan senjata tersebut dapat dibuat 25% lebih kecil dan hal itu berarti lebih ringkas dan memiliki manuverbilitas lebih baik. Desain ini juga mengurangi rasa pegal karena tangan tidak perlu direntangkan terlalu jauh untuk menopang senjata.
Enfield EM-2 (Experiment Model 2) Inggris

Sebenarnya desain ini sudah pernah dicetuskan oleh Nazi Jerman dengan Wimmersperg Spz mereka pada akhir perang dunia 2 namun sedikit sekali dokumen tentang ini dan hampir tidak ditemukan prototipnya . Inggris dan Uni Soviet pada masa-masa  pascaperang dunia 2 juga mengembangkan senjata bullpup dengan Enfield EM2 dan TKB-408. Sayangnya prototip awal desain ini juga gagal pada saat uji coba. Desain ini tidak ramah untuk orang kidal karena peluru kosong biasanya terlontar ke arah kanan. Pada desain bullpup, lubang pengeluaran peluru akan berada jauh di belakang dan penembak kidal akan terkena selongsong peluru panas jika menembak dengan tangan kiri. Selain itu, karena mekanisme senjata ada di bagian popor, maka berat pada senjata akan terfokus pada bagian bahu dan mengganggu keseimbangan. Inggris saat itu merevisi kembali dengan mengembangkan SA80 series, sementara Uni Soviet memilih AK 47 sebagai senapan utama dengan desain senapan "konvensional".
TKb 408 Soviet

Desain dan Fitur
Komponen utama pada Steyr AUG A1
Steyr AUG (Armee Universal Gewehr, senjata pasukan universal) memiliki beberapa inovasi yang diharapkan bisa mengatasi masalah dua prototipe dari Inggris dan Soviet. Bahan yang digunakan pada versi awalnya kebanyakkan berasal dari plastik polimer pada bagian badan senapan ang bisa membuat senjata lebih ringan. Senjata ini juga bersifat ambidextrous, yang berarti selongsong peluru bisa dikeluarkan dari kedua sisi sehingga nyaman digunakan oleh orang kidal. Senjata ini pada versi awal juga sudah dilengkapi dengan scope pembesaran 1.5x Svarovski.Senapan ini memiliki pelatuk progresif yang memungkinkan pengaturan semi ke otomatis hanya dilakukan dari tarikan pelatuk (semi otomatis jika pelatuk ditarik setengah penuh, otomatis jika ditarik penuh). Bagian laras senjata mudah dibongkar pasang sesuai keperluan (support weapon, sniper, atau laras submachine gun) Bagian chamber pun memiliki dua versi, versi chamber untuk peluru 5.56NATO ataupun peluru 9mm Parabellum (SMG version)
.
Laras (barrel) Steyr AUG, dengan panjang dan chamber yang berbeda-beda

Operational 
Steyr AUG menjadi senapan standard issue pasukan Austria dan populer di kalangan pasukan elit. Sayangnya Inggris dan Amerika saat itu tidak tertarik dengan senjata ini, namun banyak negara lainnya seperti Irlandia, Argentina, dan Australia yang tertarik dengan senjata ini. Di Indonesia, tentara Australia muncul menggunakan "senapan plastik" ini saat krisis di Timor Leste. Indonesia juga menggunakan senjata ini dalam pasukan elitnya, seperti Kopaska (komando pasukan katak) dan Densus 88.

Pasukan Australia saat konflik di Timor Leste membawa AUG sebagai senjata utama mereka
 Hope you guys enjoy the article!
Cheers!

2 komentar: