BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Senin, 15 September 2014

STEN SMG: British (Beautiful) Spray Gun on WW2


Okay, it's back-to-back British weapon post! Masih senjata pada masa perang dunia 2. Submachine gun ini terlihat kasar, bahkan seperti dibuat asal-asalan. Tapi, meskipun terlihat seperti knalpot mobil, Submachine gun ini menjadi senjata yang disukai Tentara Inggris. Well enjoy this piece of beauty (sarcasm intended)!!!




Nama: STEN
Tipe: Fully Automatic Submachine Gun
Asal: Inggris Raya
Periode Pemakaian: 1941-1960an
Desainer: Mayor Reginald V Shepherd & Harold J Turpin
Kaliber: 9mm Parabellum
Panjang: 76cm
Berat: 3.2kg
Kapasitas Magasin: 32 Peluru
Rate of Fire: ~500 Peluru/Menit
Jarak Efektif: ~ 100m

Background
 Sebenarnya gimana sih ceritanya benda yang berbentuk mirip knalpot ini bisa muncul? STEN lahir saat perang dunia 2 sudah berlangsung, tepatnya ketika Nazi Jerman sudah mulai menginvasi Inggris. Inggris hingga 1940an belum memiliki submachine gun produksi sendiri. Saat itu, Inggris membeli Submachine gun Thompson buatan Amerika.

Lanchester SMG

Setelah evakuasi Dunkirk pada tahun 1940, Inggris mengembangkan submachine gun mereka dengan nama Lanchester SMG dengan mengambil desain MP28 Jerman. Lanchester dibuat dengan material berkualitas tinggi dan memiliki detail yang bagus dan menjadi perlengkapan angkatan laut Inggris, namun Inggris perlu membuat submachine gun yang lebih murah dan mudah dibuat. Nama STEN ini merupakan singkatan dari Sheperd, Turpin, dan ENfield (Enfield sendiri merupakan pabrik utama pembuatan senjata api untuk angkatan bersenjata Inggris).

Design and Details
Desain STEN sebenarnya merupakan versi sederhana dari SMG Lanchester. Sebagian besar bagian dan komponen Sten dibuat denga teknik "stamping" dan umumnya dapat dibuat dalam waktu tidak sampai 5 jam. Apaan tuh teknik "stamping"? Untuk metode stamping sudah saya tulis di sini.
Animasi mekanisme STEN, dalamnya "hanya" berisi, per, firing pin, dan pelatuk. Sederhana banget, kan?
Konponen-komponen STEN setelah dibongkar... bahkan perakitan STEN dapat dilakukan di garasi rumah

 STEN hanya memiliki settingan untuk tembakan otomatis.STEN tidak dilengkapi dengan komponen pengaman sehingga dapat tidak sengaja menembak sendiri. STEN memiliki 2 sights, sights belakang dan iron sight segitiga pada bagian depan. Bagian stock juga sangat sederhana dan tidak ada pistol grip. Overall, desain STEN juga kasar dan sangat sederhana.
STEN, dilihat first person, dengan peep hole sight dan iron sight berbentuk segitiga

STEN menggunakan peluru pistol kaliber 9mm (peluru pistol Jerman). Peluru 9mm Parabellum digunakan karena paling mudah didapat dan berarti STEN bisa juga diisi dengan peluru dari pistol/ SMG Jerman, seperti MP40. Magasin STEN diletakkan di sebelah kiri senjata, membuat STEN tidak seimbang dan gampang macet. Konon, alasan kenapa STEN (dan beberapa senjata pada abad 20) meletakkan magasin pada samping senjata agar si penembak bisa lebih bebas menembak dalam posisi merunduk.

Winston Churchill, PM Inggris, mencoba menembak dengan STEN

Were Seen in...
STEN digunakan tentara Inggris dan Commonwealthnya (kecuali Australia) pada perang dunia sampai tahun 1960an.Selain digunakan oleh tentara Inggris, STEN juga digunakan oleh pasukan partisan. STEN juga digunakan Inggris (bersama dengan senapan Lee-Enfield dan Bren) di Indonesia pada pertempuran di Surabaya. Pada tahun 1950an, STEN digantikan oleh Sterling SMG. STEN kini diincar para kolektor, dan masih digunakan oleh pasukan paramiliter ataupun partisan.

Prajurit Inggris pada perang dunia 2. Tentara di kiri menggunakan STEN untuk "membersihkan" ruangan
Oh by the way... ini Sterling SMG

Fun Facts
-STEN adalah salah satu senjata api dengan biaya produksi yang murah. Untuk membuat satu STEN, total biaya yang dikeluarkan tidak lebih dari 3 Poundsterling.
-Awalnya, STEN dicerca karena bentuknya yang "unik", seringkali diberi julukan "The Plumbers' Nightmare" atau "The Plumbers' Abortion".
-STEN juga digunakan oleh pasukan komando Inggris dan SAS. Untuk unit komando Inggris, STEN dilengkapi dengan peredam suara.
-STEN juga memiliki varian yang lebih "elegan". STEN mkV dilengkapi stock, pistol grip, dan grip depan dari kayu.

STEN mkV, lebih elegan, kan?

Extra: Australia adalah negara commonwealth Inggris yang tidak memakai STEN sebagai submachine gun mereka... Karena mereka mempunyai STEN mereka sendiri yang bernama Owen SMG


Hope you guys enjoyed the article!

Cheers!

1 komentar: