BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Minggu, 05 Oktober 2014

Rifle: A Closer Look


What? kok lo nulis soal rifle, sih? Bukannya orang-orang udah pada tau ya rifle apaan? Well, are you sure? Mendingan lihat artikel ini dulu deh... Enjoy!




Rifle was not a name of a firearm

Kalau selama ini kita mengenal "rifle" adalah senjata yang berbentuk seperti ini
HK G3

atau yang seperti ini...

K31 bolt-action rifle


Okay sekarang mari kita lihat dan bandingkan ini....

dengan yang ini

 Kelihatannya sama , kan? tapi gambar pertama adalah Kentucky Long Rifle. Sekarang kita lihat bagian barrel dari masing masing senjata
Ujung barrel Kentucky rifle
Ujung barrel musket Brown Bess

Bagian Barrelnya beda, kan? Pada barrel Kentucky Rifle ada semacam ulir spiralnya. Ulir spiral ini yang mebuat sebuah senjata disebut rifle.

Okay sekarang kita sudah tahu "rifle" itu apa. Rifle adalah ulir spiral-helical yang ada di dalam barrel senjata. Tujuannya apa sih? Ulir pada rifle itu dibuat agar peluru dapat berputar selagi terbang menuju sasaran sehingga lebih akurat.
Dari lir spiral ini, kata "rifle" berasal

How the Rifle got it Grooves?

Untuk mengetahui  bagaimana rifle bisa lahir, kita  lihat lagi  ketika busur dan panah masih populer digunakan
Ketika volley dari panah ini lebih menyeramkan daripada machine gun

Pada abad pertengahan, bulu pada anak panah (fletching) digunakan agar panah lebih stabil. Fletching ini membuat anak panah berputar selagi terbang membat anak panah lebih aerodinamis
"Fletching" pada anak panah.... dan ini tidak hanya sabagai hiasan

Saat musket muncul pada abad ke-14, musket kurang akurat karena peluru memantul di dalam barrel ketika ditembak (ukuran diameter barrel lebih besar daripada diameter peluru agar lebih mudah diisi). Bahkan, jarak efektif musket umumnya tidak lebih dari 50m.

Dan formasi ini efektif untuk membat musket menjadi efektif

Ulir rifle itu sendiri konon pertama kali diciptakan oleh pembuat senjata asal Jerman. Jaeger rifle konon merupakan rifle pertama di dunia. Sesuai namanya, Jaeger rifle ini digunakan untuk berburu. Kenapa? Karena barrelnya lebih sempit dibandingkan musket yang tidak memiliki ulir rifle. Barrel dibuat sempit sehingga peluru bisa mencengkram ulir rifle dengan sempurna. Barrel sempit ini juga yang membuat waktu pengisian rifle lebih lama dibandingkan musket saat itu.
Jaeger rifle


Pada awal abad ke-18, rifle digunakan oleh tentara khusus dan penembak jitu karena sulit diisi   Tidak lama kemudian, muncul peluru minie yang didesain agar memiliki ukuran yang kecil agar mudah diisi namun bagian dasarnya bisa mencengkram ulir rifle. Tidak lama setelah itu, rifle menjadi senjata standar prajurit modern sejak ditemukannya peluru minie ball yang kecil namun bisa mencengkram ulir rifle dengan baik.

Pattern 1853 Enfield, rifle standard issue pertama pasukan Inggris


Rifles are not only in.... rifles...
Heh? apaan lagi tuh? Bukannya yang namanya rifle itu cuma ada di senjata yang kayak begini aja ya?

Setelah konsep ulir "rifle" menjadi populer pada pertengahan abad ke-19, militer melakukan eksperimen ulir rifle terhadap senjata yang lebih besar sebut saja meriam. Contoh meriam rifle adalah "Parrott Rifle" yang digunakan pada perang saudara di Amerika.
Parrott Rifle
Ulir rifle pada meriam Parrott


Pada perang dunia 2, banyak pistol dan submachine gun yang barrelnya diberikan ulir rifle. Misalnya, PPSh 41 yang barrelnya diperoleh dengan cara memotong barrel senapan Mosin-Nagant menjadi dua...
Bagian dalam barrel pistol 9mm

Dan inilah Mosin-Nagant... setelah dibelah dua dan diberi setting otomatis

Tank pun ada yang menggunakan konsep rifle. Challenger Inggris menggunakan ulir rifle pada bagian meriamnya dan menjadi satu-satunya tank yang menggunakan konsep rifle.
Challenger 2, satu-satunya tank dengan meriam rifle
Barrel tank Challenger.... dengan ulir rifle ini, tank challenger bisa menembak target sejauh 4 km

Hope yo guys enjoyed the article!
Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar