BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Minggu, 18 Januari 2015

Suppressor: A Closer Look


Okay, kali ini kita ga membahas senjata atau tank. Kali ini kita akan ngebahas suppressor yang sebenarnya sering kita lihat di film ataupun di video game. Ayo, kita menenal suppressor lebih dekat. Enjoy!


What Is Suppressor?
Pistol Glock 17 yang dilengkapi surpressor

Suppressor (juga dikenal dengan istilah "silencer") adalah perlengkapan ekstra berbentuk silinder yang dipasangkan pada ujung barrel senjata untuk mengurangi efek suara tembakan dan muzzle flash (kilatan api pada ujung barrel).


How Does It Worked?
Komponen Suppressor

Apa sih yang dilakukan oleh suppressor? Okay, saya jelasin dulu apa sih yang bikin suara tembakan itu menggelegar? Selain karena ledakan mesiu, peluru juga mengalami apa yang disebut dengan "sonic boom".

Sonic boom yang dihasilkan pesawat fighter, tentu sonic boom peluru tidak seheboh ini

Sonic boom adalah gelombang suara yang dihasilkan saat sebuah benda melaju melampaui kecepatan suara (FYI,projektil peluru pistol kaliber 9x19mm Parabellum standar dapat melaju sampai 400m/s). Suara sonic boom seperti ledakan yang sangat keras, sekitar 160 dB. Singkatnya, terekspos suara tembakan terlalu lama dapat merusak indra pendengaran kita. Radius suara tembakan juga dapat terdengar hingga 200m, tergantung jenis peluru.


Okay back to the topic, sekarang gimana caranya sih suppressor bekerja? kita bedah dulu penampangnya yuk
 
Suppressor yang sudah dibelah

Bisa kita lihat, pada ujung tabung suppressor ada semacam "sekat". Sekatnya buat apaan sih? Sekat (baffle) tersebut dibuat untuk menghambat sebagian gas ledakan mesiu ke badan tabung. Proses ini membuat energi gas yang ada pada peluru berkurang dan mengurangi kecepatan peluru. Gas yang ketahan tadi gimana? Gas yang terhambat tadi akan menjadi lebih "dingin" dan ikut keluar dari ujung suppressor.

Animasi cara kerja suppressor, perhatikan gas pembakaran (putih) yang sedikit terhambat hingga projektil peluru keluar

Myth: Is That Suppressor Make The Gun Silent?
Suppressor sendiri sering kita lihat di film atau di game model Counter Blank / PointStrike. Dan menurut film atau game, suara yang dihasilkan menjadi sangat halus dan pelan. Seringkali suppressor membuat penggunanya seperti "ninja" seperti ini... (Credits to: Markus Müller)



 Sekarang kita dengerin suara senjata api beneran yang dilengkapi dengan suppressor (Credits to: fireman1291



Ternyata, suara senjata api dengan suppressor tidak seperti "phewww" seperti di film, malah masih seperti suara "bang" tembakan cuma lebih pelan dikit. Kok ga kayak di film? Suppressor umumnya hanya mampu meredam suara sekitar 10-40 dB. Singkatnya, sepelan-pelannya suara tembakkan yang diredam (120 dB) masih setara dengan suara gergaji mesin atau kembang api. Radius suara tembakkan berkurang hingga sekitar 150m (liat rumus intensitas bunyi ya :) ).

Benefit

Nah, sekarang fungsi suppressor apaan kalau ga bisa bikin tembakkan jadi diam? Suppressor lebih sering dipakai untuk jarak jauh-menengah, bukan jarak dekat seperti film Jemes Bon dan Agent 74.
  1. Senjata dengan suppressor membuat suara tembakan lebih sulit didengar. Iyasih ga jadi diam, tapi radius suara tembakkan menjadi berkurang. Untuk penembak jitu dan pasukan komando suppressor berguna agar mereka sulit dideteksi musuh
  2. Suppressor menghilangkan "muzzle flash". Apaan lagi itu? Muzzle flash adalah kilatan api pada ujung barrel karena sisa mesiu yang tidak terbakar.
    Muzzle flash pada machine gun... biasanya kalau fil hollywud lebih heboh
    Karena gas yang keluar pada tertahan di tabung suppressor, maka bubuk mesiu memiliki waktu ekstra untuk terbakar sepenuhnya. Tentu ini membuat si penembak sulit dideteksi secara visual.
  3. Mengurangi polusi suara. Berisiknya suara tembakkan juga dapat menyebabkan hilangnya indra pendengaran kita. Karena suara tembakkan menjadi lebih pelan, suppressor dapat mengurangi risiko kerusakkan indra pendengaran.

Disadvantage
 
Selain kegunaan diatas, penggunaan suppressor juga memiliki kekurangan:
  1. Suppressor mengurangi jarak efektif. Kenapa? Kan suppressor mengurangi energi luncur peluru. Berkurangnya energi menyebabkan jarak efektif juga berkurang
  2. Barrel lebih cepat panas.  Kok bisa? Tadi sebelumnya sudah saya tulis kalau suppressor bekerja dengan cara menghambat keluarnya gas pembakaran mesiu. Pada kasus ini, ujung barrel akan terekspos gas tersebut. Barrel yang panas tentu berbahaya untuk digunakan.
  3. Senjata menjadi lebih panjang sehingga sulit untuk bermanuver apalagi di tempat sempit.
  4. Ujung senjata menjadi lebih berat, akibatnya lebih sulit untuk menjaga keseimbangan (FYI, berat suppressor bisa mencapai 500 gram).
Extra: Subsonic Ammo

Apaan lagi subsonic ammo? Subsonic ammo adalah peluru yang dirancang untuk meluncur dengan kecepatan kurang dari kecepatan suara. Untuk membuat momentum yang dihasilkan sama dengan peluru normal, peluru subsonik lebih berat dibandingkan peluru biasa. Peluru subsonik juga digunakan sebagai pelengkap suppressor agar suara tembakkan dapat diredam secara optimal. 

Bonus: VSS Vintorez, rifle yang memiliki built-in suppressor


Hope You Guys Enjoyed The Article!
Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar