BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Minggu, 29 Juni 2014

Tiger Tank: Nazi's Terror Tank






Bagi anda yang pernah menonton film bertema perang dunia kedua, pasti pernah melihat tank ini. Tank ini adalah tank dengan armor paling tebal dan meriam paling besar pada masanya. Tank ini merupakan salah satu masterpiece engineering Jerman pada perang dunia ke dua. Tank teror nazi, Panzer VI "tiger". Enjoy!





Nama: Panzerkampfwagen VI 
Nickname: Tiger
Type: Heavy Tank
Origin: Nazi Jerman
Manufacturer: Henschel, Krupp (meriam)
Mesin: Maybach HL230 P45
Senjata Utama: Meriam 88mm KWK 36
Senjata Sekunder: 2x MG34
Armor: maks. 120mm
Berat: 54 Ton
Kru: 5 orang
Kecepatan Maksimum: 38 km/jam
Jarak Tempuh: maks 125 km


Pengembangan
pengembangan tank tiger ini setelah Jerman melakukan operasi Barbarossa di Uni Soviet. Panzer Jerman memang sukses dengan blitzkriegnya. Akan tetapi armor panzer tidak setebal armor tank negara lain. Divisi panzer Jerman terkejut melihat tank-tank Soviet (T-34 dan KV-1) yang memiliki armor dan senjata yang lebih baik daripada panzer mereka, panzer mkIV. To make it worse, panzer mereka kalah jumlah dengan tank Soviet pada front timur. Proyek tank berat yang sebetulnya sempat dimulai sejak tahun 1937  pun akhirnya dilanjutkan. Proyek "Tiger" harus lebih efektif dalam menembus tank musuh dan memiliki armor yang lebih tebal dan memiliki kecepatan minimal 40 km/jam. Porsche dan Henschel menjadi dua pabrik yang dikontrak dalam proyek ini untuk produksi kendaraan, dan mesinnya. Untuk turret dan meriam Wehrmacht mengontrak Krupp. Henschel memenangkan kontrak produksi Tiger 1, sementara Porsche akan menggunakan prototipnya untuk membuat kendaraan baru. 
 
Konsep tiger Henchel
Konsep tiger oleh Porsche

The Tank
Tiger 1 adalah tank pertama Jerman yang menggunakan nama hewan sebagai bentuk propaganda dan intimidasi. Tank memiliki armor tertebal di antara tank-tank lainnya yang berpartisipasi pada perang dunia 2 (120mm maksimum). Meriam tank ini berasal dari modifikasi meriam 88mm Flak (meriam anti udara). yang ternyata juga efektif menghancurkan tank dari jarak jauh . Kecepatan tank tiger juga tidak selambat sebagai mestinya sebuah tank kelas berat (hanya lebih lambat 4 km/h dibandingkan panzer mk IV). Untuk target "lunak" tank ini dilengkapi dengan dua machine gun MG34. Tank tiger memiliki track yang overlapping agar dapat menyebar berat tank dengan baik dan memiliki suspensi yang lebih mantap.

Tiger tank sedang berpatroli di front barat

 The Awesomeness
Tank Tiger  adalah salah satu tank yang terkenal pada perang dunia 2. Karena Tank Tiger ketika pertama kali muncul, tidak ada senjata yang efektif untuk menghancurkan tank ini. Pernah ada suatu pertempuran, sebuah Tank Tiger selama 6 jam dan mendapat sekitar 70 tembakan artileri dan tank musuh, tetapi tank ini masih bisa mundur sejauh 60kmuntuk diperbaiki. Tidak hanya memiliki armor yang tebal, tank ini juga mematikan. Meriam tiger memiliki jarak efektif hingga 2 km dibandingkan tank sekutu yang perlu mendekat sejauh 500m agar tembakannya mengenai tiger dengan efektif. Tiger juga dikendarai oleh kru yang berpengalaman seperti Michael Wittmann (ace tank pada perang dunia 2), agar tiger tank dapat digunakan secara optimal. Dan seperti semua panzer Jerman pada perang dunia 2, Tiger juga dilengkapi oleh radio sehingga mudah berkoordinasi dengan tank lain.
Meriam anti udara 88mm Flak, yang menjadi dasar pembuatan meriam tiger
Michael Wittmann ace tank nazi


The Flaw
Sekuat-kuatnya tank tiger bukan berarti tank ini tidak memiliki kelemahan. Tank ini sulit bergerak dengan bebas pada medan berlumpur karena sistem tracknya yang overlapping yang mudah menangkap lumpur dan partikel kecil lainnya. Selain itu, tank ini sangat berat sehingga tidak bisa menyeberangi jembatan. Sering kali, tank ini diderek dengan kereta api atau dengan tiger lainnya. Tiger juga merupakan kendaraan dengan teknologi paling mutakhir pada zamannya sehingga sulit untuk diproduksi dan harga yang sangat mahal (1 tiger hampir sama dengan 4 panzer).

track overlapping tiger 1
Mobilisasi Tiger menggunakan kereta api

Operasi
Tank ini memulai debutnya pada front timur sejak penyerangan Leningrad. Debut tiger sukses menghancurkan tank musuh dengan rasio 1:10 (1 tiger dapat menghancurkan rata-rata 10 tank). Tank ini juga muncul di Afrika, serta front barat. Pada saat tiger tank muncul, banyak prajurit takut untuk menghadapi tiger secara langsung yang akhirnya populer dengan istilah "tigerphobia". Sayangnnya, tiger tank yang canggih kalah jumlah dengan tank sekutu sehingga kalah pada pertempuran. Karena tiger bukanlah tank yang lincah seperti tank lainnya pada perang dunia 2dan memiliki armor yang tebal, seringkali tank ini juga berfungsi sebagai meriam pertahanan stasioner.
kru tank tiger sedang mengevaluasi kerusakan akibat tembakan meriam anti-tank (tidak tembus)
Tiger menghancurkan T-34 Soviet pada pertumpran Kursk di front timur


Hope you guys enjoyed the article !
Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar